kalo kemaren udah tahu perbandingan gigi
primer/sekunder, gigi rasio, juga final gear…nah sekarang bisa dunk
ngitung kecepatan motor berapa??!!! emang sih kagak pake GPS…tapi jelas
lebih akurat dari pada gps dan speedometer bawaan motor
Rumus dasar
Power = Torsi x 2 π x Rpm…..
so ……Rpm = Power/torsi * 2π
jika rasio primer/sekunder tiger adalah 68/22 = 3.09
reduksi gigi rasio di gigi 5 28/31 = 0.903
final gear pake 44/15 = 2.933
karna memakai ring 18 dengan profil ban 110/80 didapat keliling ban = 1,7meter
maka pada rpm 8000 honda tiger memiliki kecepatan
8000/3.09*0.903*2.933 = 977.53 putaran roda/menit atau 16.29 putaran
roda/detik
jika keliling roda adalah 1.7 meter maka didapat 1.7*16.29 = 27.69 meter/detik = 99.7 km/jam
so…jika tiger digeber pada 8000rpm dengan pake ring 18 ban profil 110/80 pada gigi 5 akan didapat speed hampir 100kpj….
berarti terbukti dunk kalo motor ber rpm -un limited bisa digeber
sekenceng2nya!!! contohnya ya kalo aplikasi NOS atau turbo….jika mesin2
N/A mau ngebut ya harus mengganti profil cam/noken as!!! sekarang jika
ada omongan seperti ini…”wah, motorku tambah banter gara2 ganti busi
merek x yang harganya 100ribu….!!”…jika rpm mesin gak nambah…omongan
kayak gitu cuma perasaan saja….wekekekekekeke
Tidak ada komentar:
Posting Komentar