Pencarian

Selasa, 22 Mei 2012

BORE UP



Bore up : memperbesar kapasitas/volume cylinder agar tenaga bertambah. Caranya, mengganti piston dengan ukuran lebih besar, dan cylinder di booring/ diperbesar agar piston baru dapat masuk. Ketika melakukan BU, bnyak yg mengganti boring. Usahakan boring atau Liner dibuat tebal, kalau bisa minimal 5mm. kalau terlalu tipis berakibat panas dan oli cepat menguap.
celah antara piston dan liner sangat menentukan hasil BU, kalau faktor ini gagal, power mesin rendah dan oli cepat kering. Clearance atau kerenggangan piston dengan liner, kalo untuk harian bagusnya 0,01 dan 0,02 buat balap. klo lewat dari 0,03mm kompresinya kurang bagus. Untuk dipakai harian agar awet maksimal 12:1.
lebih amannya lagi cari kompresi di angka 11:1. mengingat kondisi bahan bakar lokal yg oktannya rendah. kalau 12,5:1 harus Pertamax Plus, Kecuali kalau mau isi Bensol.
Cara ngukur Gap ring piston, Masukin ring piston ke dalam boring dan dorong menggunakan seker, lalu ukur celah atau gap pertemuan dua ujung ring. kondisi normal = antara 0,2mm sampai 0,3mm. Abnormal klo kurang atau lebih dari diatas.


Untuk tahu kompresi caranya gampang,
tapi harus punya "buret" atau alat ukur cairan. atau bisa juga menggunakan alat suntikan untuk tinta printer.

Caranya :

1. Posisikan piston sedang top atau TMA (Titik Mati Atas), kemudian celah/jarak piston dengan boring ditambal gemuk. pasang kepala silindernya.
2. posisikan mesin berdiri dan suntikkan oli shockbreaker atau oli samping. dari situ akan ketahuan berapa CC ruang bakarnya, misalkan volume ruang bakar (Vrb) 10cc.
3. ketahui volume silinder, Misal volume silinder (Vs) hasil bore-up 130cc. berarti rasio kompresi (Rk) yaitu :

Vs + Vrb
Rk = ------------------------
Vrb

130cc + 10cc
Rk = ---------------------- = 14
10cc

jadi, Rasio kompresinya 14:1
Sangat tinggi sekali, biar rendah, jenong piston harus dikurangi.

hitung CC
(22/28) x diameter seher x diameter seher x panjang langkah ..
contoh : bore x stroke = 62 x 48.8 ..
(phi/4) x 6.2 x 6.2 x 4.88 = 147,3306 cc

Tidak ada komentar: