Pencarian

Selasa, 22 Mei 2012

CARA SETTING KARBURATOR


Korek motor kadang beberapa orang berfikir menyetel karburator adalah pekerjaan yg sangat gampang ganti jet nya setingkat atau dua tingkat, meniru setelan karburator orang laen yg sudah ketemu fikirnya motor lgsung kenceng. Mungkin iya pd motor standard ataupun mengalami modifikasi ringan, tp untuk balap, tidak terdengar semudah itu. Atau banyak kombinasi dr setingan idle jet, nedle jet, posisi klip, main jet, power jet, level bahan bakar (set up pelampung),Dll. Dan sebagainya. Atau setidaknya menurut perhitungan statistika, sekitar 13.860.000 kombinasi jetting/spuyer dalam karburator, jika mau maen karburator setidaknya siapkan mental, waktu dan tenaga utk menyelaraskan semua kinerja nya.
Disini kami ingin membantu dengan sedikit pengetahuan dasar dan penyetelan karburator utk mempermudah teman-teman dlm menemukan fine tuning, bisa diaplikasi utk menyetel ulang karburator yg mudah pd modif mesin.
KARBURATOR VENTURI, pehatikan muka karburator dan kamu akan menyadari karburator hanyalah lubang besar dari satu tempat ke tempat lain, ini dinamakan venturi. Udara masuk kedalam mesin melalui lubang ini (venturi). Sebagai mana kecepatan udara memasuki karburator meningkat tekanannya justru menurun, yg kemudian menimbulkan kevakuman diarea venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle) dan menghisap bahan bakar melalui jeting yg berbeda-beda di sistem karburator. Udara dengan bahan bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan pengeluarannya pd venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas.
Sistem langsam (pilot jet, dan setelan sekrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25%. Jarum skep, posisi klip dan nozzle karburator mengontrol dr 15% bukaan gas hingga 80%. Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau ber efek melalui dr bukaan gas diatas 60%. Namun ada hal yg harus diingat dalam menyetel karburator, kesemua bagian adalah interconnected (berhubung satu sama lain) sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati dan teliti adalah kincinya.
SET UP KARBURATOR.
* untuk bukaan gas dr kondisi tertentu hingga seperempat bukaan skep:
1.ganti pilot jet/idle jet untuk mengatur campuran
2.setel ulang sekrup udara untuk penyempurnaan aturan, (1 setengah hingga 2 putaran keluar dr posisi menutup penuh)
*dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas:
1.setel posisi klip jarum skep
2.ganti tipe jarum sakep
*dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh:
1.ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran bahan bakar
2.ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar.
* bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh:
1.lakukan penyetelan campuran udara/bahan bakar dengan penggantian main jet, jarum skep, atau setting posisi klip jarum skep
2.lakukan penyetelan (baca) hasil pembakaran melihat apakah setelan udah tepat atau belum.
CATATAN SET UP
1. dasar penyetelan sekrup campuran udara dikarburator adalah putaran hingga menutup penuh, lalu buka 1setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu bash atau kering coba sedikit stel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak terkoreksi dengan berapa putaran, maka gantilah pilot jet’nya.
2.jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara maka ganti pilotjet ke ukuran yg lebih kecil
3.menjalankan mesin dlm kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadi mesinmu tidak berlari pd kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, melakukan dr kondisi campuran kaya dan melakukan setelan lebih rendah secara bertahap untuk mnemukan setelan pas.
4. lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yg dibutuhkan mesin:
* jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga brarti kondisi mesin terlalu banyak bahan bakar (campuran kaya). Bahan bakar yg tak terbakar menyebabakan kerak mengendap di busi
* busi kondisi berwarna ke abu-abuan/bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yg lebih besar untuk mendapatkan setelan yg lebih kaya.
* warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yg dibutuhkan mesin. Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi peforma mesin mulai dr bukaan gas separuh hingga gas penuh

Tidak ada komentar: