Pencarian

Selasa, 22 Mei 2012

STROKE UP



stroke atau langkah dalam dunia permesian/ per_otomotifan itu sejatinya adalah lingkaran/ diameter yang hanya terdapat di kruk ass, gerakan memutar yang dirubah menjadi gerakan maju mundur/ naik turun. Jadi hanya perubahan di kruk ass lah yang mampu mempengaruhi stroke atau langkah, stang piston itu hanyalah penghubung atau perantara, tidak ada sangkut pautnya dengan stroke>
stroke up atau yang lebih dikenal dengan su atau memperpanjang langkah piston lebih dari standar bukanlah suatu hal yang baru/
awalnya dikenalkan pada jenis2 motor “special” atau khusus trek lurus demi tercapainya volume ruang bakar yang “exstra”
namun sekarang langkah itu sudah dapat diaplikasikan untuk motor/ kendaraan harian penganut aliran speedgoers,
adapun cara atau triknya adalah sebagai berikut

1. Dengan aplikasi pen stroke
keunggulanya adalah lebih murah dan mudah didapatkan ditoko khusus speed shop, tapi yang perlu diperhatikan adalah ukuranya, baik itu diameternya dan “langkah”
caranya adalah sama seperti ketika masang pen stang standar/ seperti biasanya, tapi yang mesti diperhatikan adalah kepresisianya/ harus center agar peningkatan stroke yang didapat benar2 tepat 3mm, tidak kurang dari itu
untuk diameter baiknya adalah lebih besar sedikit, kira2 beberapa micron dari standar, tujuanya adalah supaya bisa kuat dan tidak mudah geser/ mlintir, sedangkan langkahnya adalah untuk harian maksimal kira2 di “3”mm, karna jika lebih dari itu dikhawatirkan akan lebih mudah mlintir mengingat aplikasinya untuk harian dengan medan yang beragam, macet, tanjakan dsb.

2. Dengan aplikasi/ trick geser big end/ pen stang
keunggulanya adalah di kekuatan/ keawetanya bisa dibilang lumayan, mudah dalam penggantian stang yang kalo suatu saat oblak, namun terkendala di sumber daya manusia yang mengerjakanya, karena tergolong rumit dan susah, butuh ktt(ketelitian tingkat tinggi).
Slain itu biayanya juga lebih mahal, namun gejala mlintir bisa lebih dieliminir.
Caranya adalah, lubang pen di kruk as asli ditambal/ dishok lalu dibor/ bubut untuk membuat lubang baru yang lebih jauh dari aslinya atau mendekati diameter luar daun kruk ass.
Jadi intinya, sekali jadi/ sukses, bisa dipake selamanya.

3. Dengan aplikasi stang seher yang diameter pennya lebih kecil
keunggulanya hampir sama seperti aplikasi “geser”, namun lebih ribet
missal diameter pen asli 15mm, lalu diganti dengan pen yang ukuranya 12mm, maka kenaikan yang didapat adalah 3mm, 1,5mm naik dan 1,5mm turun
contoh gampangnya adalah, ambil uang logam 500an almu, dan 500an kuningan, yang almu (lebih besar) kita umpamakan pen standar, lalu yang kuningan pen penggantinya.
Tempelkan salah satu ujungnya sama rata, adal celah atau gap kan? Nah, itulah kenaikan stroke yang kita dapat,
oblak? Itu sudah pasti, nah yang oblak/ gap/ celah itulah lalu kita tambal/ tutup/ las lalu dibubut seperti lubang aslinya dengan ukuran pen pengganti agar bisa duduk sempurna.

4. Terakhir adalah, dengan aplikasi kruk ass yang sudah aplikasi stroke panjang.
Kelebihanya adalah kekuatan yang tidak perlu diragukan, ukuran pen stang seperti standar,

Tidak ada komentar: