Pencarian

Jumat, 29 Juni 2012

Perbedaan Detonasi dan Pre-Ignation




  • Pembakaran Normal
Sebelum bicara tentang detonasi dan  Pre-Ignation (pembakaran awal), kita akan fahami apa yang terjadi ketika pembakaran normal berlangsung.
Pembakaran normal adalah ketika campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan halus dan beruntun. Nyala api bergerak maju dengan cepat menyebrangi ruang bakar perhatikan gambar di bawah. 
Pembakaran normal

  • Detonasi
Detonasi terjadi apabila sebagian campuran bahan bakar terbakar akibat kelebihan panas dan ledakan disebabkan oleh dua nyala pertumbukan setelah busi membakar.
Kemungkinan penyebabnya adalah :
Katup buang terlalu panas. Kesalahan nilai panas busi. Kesalahan nilai oktan bahan bakar yang digunakan. Bentuk puncak piston atau bentuk ruangan. Kesalahan kurva pemajuan penyalaan.
Detonasi
Pengaruh pada tenaga engine selama detonasi adalah hilangnya tenaga karena tekanan maksimum hasil pembakaran terjadi saat piston di TMA dan tidak dapat memutarkan poros engkol. Tenaga disalurkan sebelum keadaan piston terhadap poros engkol pada posisi pengengkolan maksimum.
Gelombang ketukan terjadi pada detonasi atau pembakaran awal bentuk nyatanya berupa suara gemerutuk pukulan logam pada bermacam-macam derajat.
Pengaruhnya terhadap engine adalah kerusakan pada piston, ring-ring piston, gasket kepala silinder dan bagian-bagian lain yang berhubungan. Ketukan dari ledakan dan temparatur akan melelehkan dan meretakkan bagian-bagian engine paling lunak. Kelebihan panas yang terjadi akibat terganggunya sistem pendinginan akan membuat permasalahan serupa dengan proses pembakaran yaitu sangat pekanya terhadap temperatur.
  • Pre-ignition (Pembakaran Awal)
Pembakaran bahan bakar yang terjadi sebelum busi meloncatkan bunga api disebut pembakaran awal. Pembakaran ini merupakan pambakaran yang waktu mulainya tidak diatur dan terjadi ketika piston masih naik. Nyala api bergerak maju dengan lembut tetapi karena terlalu awal akan menyebabkan engine terpukul. Detonasi mungkin terjadi jika pengapian dari busi dimulai. Pembakaran awal disebabkan oleh sebuah titik bara dalam ruang bakar.

Tidak ada komentar: