Pencarian

Selasa, 14 Agustus 2012

Kopling Smash Bikin Penasaran




Karena penasaran, Rudi Hansen pemilih Suzuki Smash 2001 tanya ke mekanik bengkel resmi Suzuki. Kenapa mesin terasa getar, tersendat dan kurang tenaga. Saat ditelusuri, mekanik menyarankan ganti kampas kopling. Mengingat ada kuku-kuku kampas kopling yang terkikis akibat gesekan (gbr. 1). Alhasil timbul gejala semacam itu.

Memang setelah diganti kontan hilang. Cuma anehnya kenapa ketebalan kampas kopling masih mumpuni, yaitu sekitar 2,9 mm. Padahal batas penggantian kampas di buku manual menyatakan minimal pemakaian hingga 2,6 mm atau sampai alur habis. Mana yang benar nih?

Paulus Suwandi, kepala divisi servis 2W&4W PT Indomobil Suzuki International (ISI) menegaskan. Gejala motor kurang tenaga salah satunya memang dipengaruhi oleh kampas kopling yang sudah tipis. Sehingga performa peranti pemindah daya ini nggak maksimal.

Tapi jika diketahui kampas masih tebal namun tetap mengalami getar, tarikan tersendat dan penurunan tenaga, bukan diakibatkan kuku-kuku kampas yang bersinggungan (gbr. 2). "Tapi dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kelurusan pelat dan kampas kopling atau setelan kopling nggak tepat," ulas bapak ramah berkantor di Jl. Raya Bekasi, Pulogadung, Jakarta Timur.

Apalagi fungsi kuku-kuku kampas sendiri cuma sebagai penahan di alur rumah kopling. Tujuannya agar kampas nggak ikut berputar dengan pelat kopling ketika bekerja. Tambah lagi, di antara kampas yang terselip pelat kopling. "Jadi mana mungkin antara kuku-kuku kampas kopling saling bersinggungan," lanjut Paulus Suwandi.

Nah, jika Suzy Smash mengalami hal itu, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki dan minta lakukan penyetelan kopling ulang. Caranya dengan mengendurkan mur pengikat baut penyetel di bak oli. "Lalu putar baut yang kendur ke kiri hingga mentok, baru putar searah jarum jam sebanyak 1/8 putaran," tegas Paulus sambil mewanti agar jarak renggang atau jarak main tuas persneling sekitar 4~7 mm (gbr. 3).

Seumpama dari setelan kopling tidak bermasalah, langkah berikut coba cek kerataan pelat dan kampas kopling di permukaan kaca. Tapi cara ini mesti buka bak kopling. Sebab, ketidaklurusan pelat atau kampas dapat mempengaruhi proses kerja kopling ketika diperintah untuk bebas (free). Maka yang terjadi mesin motor akan terasa bergetar juga tersendat. Begitu!

Tidak ada komentar: