Mesin 4-tak susah langsam! Salah satu
akibatnya lubang nosel sudah terlalu longgar. Meskipun skep menutup
rapat, bensin keluar terus lewat celah nosel dan jarum skep (gbr. 1). Selain idling susah disetting, berakibat bensin boros, dan tarikan motor jadi berkurang.
Cara paling mudah mudah mengatasinya dengan jalan mengganti dengan
repair kit karburator sesuai merk karburator tersebut. perkiraan
harganya sekitar Rp 15.000 – 20.000 , akan tetapi, Repair kit karburator
belum tentu pas dengan bodi karburator-nya. jadi sebelum mengganti
lebih baik membawa contohnya saat membeli repair kit karburator.
Dari repair-kit ada jarum skep dan nosel
baru. Biasanya kalau sudah terpasang dengan skep di karburator, antara
jarum skep dan nosel masih ada celah. Atau bahkan bisa kelewat seret.
Tetap saja harus seting ulang.
Cara lain mengatasinya, Enggak perlu membeli repair kit. Cukup
melakukan penyempitin pada lubang nosel yang sudah loer atau longgar.
Pertama, ketika terpasang pertemuan antara jarum skep dan nosel (gbr. 2), ditandai pakai benda tajam di bodi jarum. Lalu keluarkan lagi nosel dari tempatnya.
Ambil palu kecil. Ketok pelan-pelan lubang nosel atas (gbr. 3).
Jangan kelewat keras, nanti rusak. Kalau sudah, coba masukkan jarum
skep. Kira-kira pas garis yang sudah ditandai harus pas. Tidak ada
celah. Jika masih kurang ketok lagi sampai pas. Rebes, dah!
lakukan penyetelan ulang pada pasokan angin karburator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar