Pencarian

Senin, 20 Agustus 2012

SOHC…kenceng…?? bisa…!! 2 klep kenceng… bisa juga…!!


bebek SOHC 2 valve yang berhasil mematahkan image SOHC lelet
Jaman mekanik sekarang pada pinter-pinter, canggih-canggih, ga ada lagi yang dibilang motor loyo, asalkan punya duit apa yang nggak bisa sih??!!! Pokoknya semua bisa terwujud dijaman sekarang ini, Ada yang bilang motor SOHC memble, blom tentu, itu sebenarnya tergantung fungsi, DOHC pun jika dibuat dengan tujuan mencari torsi alias menomer duakan power bisa. Tergantung dari pemungsian motor tersebut dan kepintaran mekanik, maaf sebelumnya jika SLR pintarnya hanya teori, teoripun sangat sederhana-sederhana alias takut ribet dan kesesat.

klep 2 buah juga bisa bertaji
Balik kejudul diatas, yaitu SOHC itu ada yang kenceng walaupun belum teknologi 4 klep seperti yang diterapin Yamaha di MX dan Vixionnya. Contohnya ga jauh-jauh ada di motornya Honda CS1 atau Sonic. Powernyapun bersaing kok dengan yang 4 klep Jupiter MX. Padahal 2 klep loh, kok bisa bengis ya?? kembali lagi ke pembicaraan SLR di paragraf pertama, semua itu tergantung pemungsian motor tersebut. Jika diperuntukkan bagi ibu-ibu kepasar ya jelas powernya pas-pasan lah biarpun kapasitas mesinnya sampai 125cc macam Supra X125 dan Suzuki Shogun 125.

MX terkesan superior dengan 4 klepnya
Sekarang kita bahas kenapa dengan 2 klep SOHC sonic ataupun CS1 powernya malah lebih besar dibandingkan yang mempunyai klep 4 macam jupiter MX. Ya kita bahas tentang klepnya dulu, kan yang membedakan motor ini selain kapasitas mesinnya juga pada jumlah klepnya, walaupun sonic berklep 2 namun penampang klep Sonic/CS1 lebih lebar dibandingkan punyanya MX walaupun jumlah klepnya lebih buanyak.
mari kita selidiki dari rumus:
D. klep sonic: 28mm, berapa luasnya??
L=∏(½xв)
=3.14  (½ x28²)
=615.33mm²
D.klep MX 19mm x 2, berapa luasnya?
L=∏(½xв)
=3.14  (½ x19²)
=283.385mm² x 2
=566.77mm²

beragam klep dengan diameter daun berbeda
Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa diameter klep Sonic/CS1 dengan diameter 28mm penampangnya lebih luas dibandingkan dengan punyanya Jupiter MX yang 19mm sebanyak 2 buah, yaitu Sonic/CS1 615.33mm² sedangkan Jupiter MX lebih kecil:566.77mm². Sudah pada taukan semakin lebarnya diameter klep(max 0.5 diameter seher) maka semakin banyak pula campuran udara-bahan bakar yang masuk, berpengaruh pada putaran atas yang dahsyat nan melengking.

FU dengan DOHC sangat tangguh di putaran atas
Selain dari diameter klep, power tinggi juga berpengaruh dari olahan noken as, ini R.A.T lebih tau dan tau lebih tentang olahan kem, Di noken as dapat dicari power mana yang akan galak, mau atas atau mau bawah, mau nglahin power mesin DOHC atau mesin motoGp segala…mimpi…!!! Tiada maksud mengunggulkan SOHC, namun mesin dengan sistem SOHCpun masih bisa berbicara, bahkan yang menggunakan hanya 2 kleppun masih bisa unjuk gigi. Selain itu SOHC terkenal akan kesimpelannya dan kemudahan dalam mereparasinya. SLR sendiri mengakui betapa hebatnya mesin yang memakai sistem DOHC macam satria FU, CBR150 dan lainnya. Solusi pertama untuk bersaing dengan mesin DOHC bagi SOHC adalah dengan memperluas penampang klep dan mengubah lift-durasi kem. So nothing imposible kan!!!
maaf jika tulisan SLR masih sangat kurang, mohon permaklumannya, karena SLR masih dalam tahap belajar juga di bidang mesin.

1 komentar:

callistusbacigalupi mengatakan...

Titanium Properties - TITanium Properties
With a history that is more than trekz titanium headphones just a titanium wallet concept, TINNATIONAL DRAFTINGS have titanium tent stakes built and managed some of the world's titanium guitar chords largest casinos. titanium cookware